Jasa Desain Terpercaya

Daftar Desain Rumah Adat Kayu di Indonesia

Rumah Bernuansa Kayu

Indonesia terdiri dari puluhan ribu pulau ditinggali oleh beragam suku dengan bahasa dan budaya berbeda. Salah satu keunikan yang tampak khas selain budaya dan bahasa adalah pakaian dan desain rumah adatnya. Setiap rumah adat memiliki nama sesuai ciri khas dan bahasa daerah asal. 

Setiap suku mulai dari ujung barat Pulau Sumatra hingga ujung timur Papua memiliki ragam adat dan bahasa yang terikat erat dengan alam. Sehingga mayoritas tradisi menggunakan bahan apapun yang berasal dari produk alam murni. Baik sebagai ritual adat, peralatan, hingga bahan pembuatan rumah tinggal.

Desain Rumah Adat Kayu di Indonesia

Rumah Beraksen Kayu

Dari ratusan rumah adat yang terkenal, sebagian besar dibuat dari bahan utama kayu. Baik sebagai tiang, dinding, hingga hiasan dan perabot rumah tangga. Berikut daftar rumah adat yang didesain dengan bahan dominan kayu paling terkenal di Indonesia:

  1. Rumah Adat Sumatra

Desain rumah adat Sumatra paling terkenal adalah rumah gadang. Sebenarnya ada beberapa rumah adat lain yang menjadi ciri khas daerahnya. Seperti rumah “krong bade” di Aceh Darussalam, rumah “bolon” di Sumatra Utara sebagai ciri khas suku batak, dan lainnya. 

Bentuk rumah adat di pulau besar paling barat ini sekilas mirip, tetapo detailnya berbeda. Perbedaan detil rumah adat di beberapa daerah di Sumatra mengikkuti ciri khas masing-masing, biasanya terletak pada dinding dan paduan warna yang digunakan.

Sementara bahan tiang yang dipakai cenderung sama, yaitu kayu ulin yang terkenal kuat, ulet dan tahan lama. Rumah adat di Sumatra saat ini semakin jarang dibuat karena biayanya lebih mahal dari rumah modern.

  1. Rumah Adat Jawa

Ada dua suku besar yang mendiami wilayah Pulau Jawa. Pertama dikenal dengan suku Jawa itu sendiri, yang dominan mendiami wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sementara wilayah Jawa Barat didiami oleh suku Sunda. Suku ini memiliki beberapa desain rumah yang berbeda secara fungsi, namun tidak cukup terkenal.

Desain rumah adat Jawa yang paling dikenal adalah joglo yang sekilas jauh lebih sederhana dari rumah adat di Sumatra. Ciri khas rumah ini adalah dibuat dengan tiang dan seluruh dindingnya kayu. Pilihan kayu yang digunakan untuk bangsawan atau orang kaya seluruh dindingnya menggunakan papan kayu jati atau mahoni. Akan tetapi masyarakat umum biasa mengganti dindingnya dengan gedeg, anyaman serat bambu yang jauh lebih murah.

  1. Rumah Adat Kalimantan

Setiap provinsi di Kalimantan memiliki rumah adat dengan nama berbeda. Ada rumah betang dari Kalimantan Tengah, rumah panjang dari Kalimantan Barat, rumah lamin yang paling terkenal dari Kalimantan Timur, rumah banjar dari Kalimantan Selatan dan rumah baloy Kalimantan Utara. Masing-masing memiliki bentuk berbeda, tetapi mirip. 

Semua rumah adat di Kalimantan tersebut dibentuk panggung sehingga membutuhkan anak tangga untuk masuk ke dalam rumah. Hampir semua dinding, tiang, dan ornamen yang digunakan berasal dari kayu. Setiap rumah karena berukuran sangat besar bisa didiami oleh beberapa keluarga sekaligus yang masih keluarga besar.

  1. Rumah Adat Sulawesi

Seperti halnya Kalimantan, Sulawesi juga memiliki beberapa desain rumah adat yang berbeda. Bahkan di Sulawesi Selatan, terdapat beberapa rumah adat yang berbeda dari beberapa suku. Salah satu rumah yang terkenal adalah tongkonan dari Toraja. Rumah ini dibuat dari kayu dan memiliki bentuk unik. Apalagi dibuat dalam satu kampung yang berdiri banyak sekali rumah serupa.Masih banyak desain rumah adat yang dimiliki Indonesia sebagai kekayaan budaya. Mungkin tidak mudah untuk mengaplikasikan desain adat pada rumah modern. Akan tetapi adopsi dari budaya sangat memungkinkan sebagai referensi desain untuk tempat tinggal yang lebih nyaman.

Rumah Dengan Sentuhan Aksen Kayu

Kami juga melayani :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonTELFON SEKARANG 0821 1051 6864
Scroll to Top