Jasa Desain Rumah Profesional

Intip 10 Tips Dekorasi Rumah Siasati Lahan Terbatas

Mensiasati Lebar Ruangan

Dengan desain dan penataan ruangan yang tepat, Anda bisa memaksimalkan lahan terbatas untuk membuat rumah terasa nyaman dan luas. Lahan terbatas bukanlah penghalang untuk membangun rumah yang nyaman dan keren. Nah, apa saja tips dekorasi rumah untuk memaksimalkan lahan sempit agar stylish dan terasa luas, berikut informasinya.

1. Perluas ruangan dengan cermin dan letakkan di ruangan yang tepat

Anda dapat meletakkan cermin berukuran besar untuk membuat ilusi ruangan lebih luas dan memantulkan banyak cahaya.

Ruangan yang kecil dapat terlihat lebih lega dan terang karena pantulan cahaya dari cermin tersebut. Peletakan cermin terbaik adalah di dekat jendela sehingga dapat memantulkan cahaya sebanyak mungkin.

2. Pergunakan furnitur multifungsi

Keberadaan furnitur multifungsi sangatlah penting dalam mendesain rumah karena lahan yang terbatas. Pasalnya, dengan menggunakan furnitur multifungsi, Anda bisa mengatur ruangan sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh adalah cabinet puff, dimana bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang serta dapat diletakkan di bawah meja ketika tidak digunakan. Contoh lainnya adalah coffee table yang juga berfungsi sebagai meja makan, dan masih banyak contoh furnitur multifungsi lainnya.

Anda perlu ingat bahwa aturan wajib dalam desain rumah yang lahannya sempit adalah segala sesuatu harus fungsional.

3. Terang dan transparan

Pilihlah furnitur yang berkesan ringan dan terang untuk dekorasi rumah mungil. Jika Anda menggunakan furnitur yang transparan, maka penglihatan Anda akan melihat bahwa ruangan tampak lebih luas.

4. Berpikir vertikal

Ruangan memiliki sifat 3 dimensional sehingga Anda harus berpikir lebih dibandingakan dengan denah ruangan. Ingat bahwa Anda juga memiliki ruangan vertikal (ke atas) yang dapat dimaksimalkan dari dinding sampai ke plafon.

5. Gunakan warna yang ringan dan terang 

Warna Netral pada Ruangan

Mengaplikasikan warna terang dan ringan pada dinding atau lantai rumah bisa membuat ruangan terlihat luas dan terang. Karena permukaan ruangan akan memantulakn cahaya yang lebih banyak.

Selain itu, menggunakan warna terang seperti putih, biru muda, atau abu muda akan menciptakan suasana ruangan yang lebih luas.

6. Lampu dan pencahayaan

Untuk lahan yang terbatas, sebaiknya Anda menghindari penggunaan standing lamp atau meja lampu yang berukuran besar.

Sebaiknya Anda gunakan lampu yang ditanam pada plafon atau LED strip pada furnitur dan ceiling. Hal tersebut berfungsi untuk memanipulasi ruangan supaya terlihat lega dan menghadirkan suasana berbeda.

7. Buat Koneksi Ruangan

Cara lain untuk dekorasi rumah lahan sempit adalah membuat koneksi ruangan. Ada beberapa cara membuat koneksi antar ruangan untuk memisahkan ruang satu dengan ruangan lain tanpa menggunakan dinding.

Contohnya seperti dengan penggunaan material lantai berbeda untuk memisahkan area dapur dan living room. Anda juga bisa meletakkan furnitur seperti rak sebagai pemisah dua ruangan yang juga berfungsi untuk meletakkan TV, buku, atau lainnya.

8. Memaksimalkan ruangan pada dinding

Memaksimalkan Ruangan

Cara memaksimalkan ruangan di dinding adalah dengan menggunakan kabinet gantung atau furnitur yang melayang dari lantai. Ini merupakan salah satu trik dekorasi untuk menyiasati ruangan kecil karena terbatasnya lahan rumah.

9. Gunakan furnitur yang mudah dipadupadankan dengan furnitur lain

Sebaiknya Anda memilih furnitur yang tidak memiliki banyak bentuk. Hal tersebut supaya memberikan kesan tidak rumit dan padat.

10. Gunakan dekorasi tanaman

Warna hijau tanaman dapat memberikan kesan fresh dan nyaman pada ruangan kecil. Jika Anda tidak memiliki ruangan cukup pada lantai, gunakan pot gantung atau rak ambalan untuk meletakkan tanaman.

Bagaimana, apakah sudah menentukan kapan mulai dekorasi rumah impian Anda?

Kami juga melayani :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonTELFON SEKARANG 0821 1051 6864
Scroll to Top