Jasa Arsitek Terpercaya

Pilih Bangun Rumah atau Beli Rumah?

Konstruksi Rumah 2 Lantai

Tentu semua orang sudah tahu bahwa hunian menjadi salah satu dari ketiga kebutuhan primer manusia. Sayangnya, mewujudkan kebutuhan primer ini tidaklah mudah, terlebih di kota-kota besar. Meski Anda bisa saja menyewa atau mengontrak, tetapi rumah pribadi pasti terasa lebih baik dan membebaskan Anda. Jika dihadapkan dengan pilihan bangun rumah atau beli rumah, manakah yang akan Anda pilih?

Terutama untuk Anda yang sudah memiliki keluarga, punya tempat tinggal sendiri tentu menjadi impian. Anda bisa menggunakan dua cara untuk memenuhi itu, bisa dengan membangun rumah sendiri. Cara lainnya adalah dengan membeli rumah yang sudah jadi dan siap ditempati. 

Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan

Jasa Bangun Rumah

Dalam hal memilih membangun atau membeli rumah, Anda perlu mempertimbangkan secara matang beberapa hal di bawah ini.

Membangun Rumah

Kelebihan Membangun Rumah

Ketika memutuskan untuk mendirikan sebuah rumah di atas tanah yang semula kosong, tentu ada sangat banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan. Meski sama-sama membutuhkan dana yang tidak kecil, membangun rumah terbilang jauh lebih fleksibel dibandingkan membeli rumah.

Maksudnya adalah ketika membangun rumah, Anda bisa mencicilnya sesuai dengan kemampuan saat itu. Gaya rumah yang mau dipakai pun sepenuhnya ada di tangan Anda, bukan di tangan pengembang. Bahkan jumlah dan pembagian luas ruangan dalam rumah sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan seluruh anggota keluarga.

Anda juga bebas menentukan siapa arsitek maupun kontraktor yang akan membantu Anda. Pemilihan material juga Anda yang memutuskan. Mau material murah atau mahal, semua bisa disesuaikan dengan anggaran yang sudah disiapkan. 

Kekurangan Membangun Rumah

Bangun Rumah Terpercaya

Sebelum bangun rumah, Anda tentu harus lebih dulu melakukan survei lokasi hingga mengurus proses pembelian tanah sendiri. Semua proses itu tidak mudah untuk dilakukan, karena Anda harus memastikan bahwa tanah tersebut legal untuk pendirian bangunan di atasnya.

Setelah lokasi yang tepat sudah ditemukan, Anda tentu perlu mengurus proses pembelian hingga mengurus sertifikatnya sendiri. Apakah selesai sampai di situ? Sayangnya belum. Anda baru bisa mulai proses pembangunan rumah yang tentunya perlu Anda awasi di setiap tahapannya.

Membeli Rumah

Kelebihan Membeli Rumah

Tidak seperti membangun rumah yang perlu membeli tanah dan lainnya, Anda hanya perlu menemukan rumah sesuai kriteria saat membeli rumah. Selain rumah yang sesuai keinginan, Anda juga perlu menemukan pengembang yang terpercaya. 

Kalau tidak punya waktu, Anda bisa meakukan transaksi melalui platform online yang khusus melayani pembelian rumah. Setelah memperoleh rumah yang cocok, Anda tinggal menemukan penjualnya dan melakukan transaksi.

Kekurangan Membeli Rumah

Kalau ada kelebihan, pasti juga ada kekurangan. Membeli rumah memang lebih praktis dibandingkan dengan membangun rumah.

Kekurangan pertama, kalau dihitung dengan cermat, biaya yang dibayar untuk membeli rumah biasanya akan lebih besar dibandingkan dengan membeli rumah. Penyebabnya adalah pengembang membutuhkan keuntungan untuk setiap penjualan rumah tersebut.

Kekurangan kedua, luas lahan yang digunakan biasanya terbatas, serta kualitas bangunan terbilang kurang baik. Namun untuk hal ini, sebenarnya tergantung anggaran yang Anda punya. Semakin besar anggarannya, kualitas rumah yang diperoleh tentu bisa semakin baik.

Kekurangan ketiga, Anda tidak bisa menentukan sendiri bentuk rumah dan ruangan di dalamnya. Belum lagi saat ini sedang marak terjadi penipuan pembelian rumah dari pengembang palsu, jadi Anda harus sangat hati-hati.Mau membeli atau bangun rumah, keduanya tentu memiliki konsekuensi masing-masing. Jadi, persiapkan dengan sangat matang ya.

Kami juga melayani :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonTELFON SEKARANG 0821 1051 6864
Scroll to Top