Jasa Renovasi Rumah Terpercaya

Trik untuk Renovasi Rumah Jika Mulai Rapuh dan Keropos

Renovasi rumah perlu dilakukan ketika rumah sudah mulai rapuh dan keropos. Jika dibiarkan terlalu lama dan tidak segera dilakukan renovasi maka besar kemungkinan rumah akan roboh.

Saat membangun rumah pastinya Anda akan memastikan apakah struktur rumah tersebut menggunakan beton tulang atau tidak. Terkadang Anda akan menjumpai balok beton yang tidak dicor dengan sempurna. Benton yang terkelupas memang dapat membahayakan Anda bahkan bisa membuat rumah terkeropos.

Mengenali Penyebab Beton Keropos

Renovasi Rumah Beton Kropos

Beton merupakan salah satu struktur fondasi bangunan yang harus dibuat dengan kualitas terbaik. Namun, ada kalanya beton mengalami keropos karena berbagai penyebab di bawah ini:

1.     Kerusakan bekisting

Penyebab beton keropos bisa terjadi karena bekisting yang kurang bersih, tidak rata dan tidak terpasang dengan baik. Pada bekisting ini sering terdapat kotoran dan sisa cor yang tertinggal apabila sering digunakan berulang kali.

Akibatnya kotoran tadi akan membuat penyebaran cor tidak merata. Hal ini menyebabkan air dan semen keluar dari bagian dalam bekisting.

2.     Beton kurang padat

Adukan beton yang tidak sempurna akan mempengaruhi kepadatannya. Hal tersebut akan meninggalkan gumpalan udara sehingga menyebabkan area kosong yang tidak terisi beton.

3.     Beton kurang teraduk sempurna

Selanjutnya yaitu beton yang tidak teraduk sempurna. Hal ini mengakibatkan beton mudah keropos. Kemungkinan disebabkan karena terlalu banyak air, kurangnya semen, kebanyakan agregat, atau adukan tidak tercampur dengan rata.

4.     Bekisting dibuka terlalu cepat

Bekisting yang dibuka terlalu cepat bahkan saat beton belum kering sempurna dapat menyebabkan beton mudah tercongkel. Sehingga akan mempercepat proses pengeroposan beton.

5.     Ukuran dan posisi besi

Beton akan rawan keropos apabila ukuran dan posisi tulangan besi tidak sesuai. Akibatnya selimut beton akan menjadi lebih tipis hingga mempercepat proses pengeroposan beton.

Tips Memperbaiki Struktur Rumah yang Sudah Mulai Keropos

Renovasi Rumah Tinggal

Apabila rumah Anda sudah terlanjur rapuh dan keropos, maka Anda dapat melakukan renovasi dengan memperbaiki strukturnya. Berikut inilah trik memperbaiki rumah yang rapuh dan keropos:

1.     Menambal bagian yang keropos

Langkah pertama untuk memperbaiki rumah yang keropos adalah dengan menambal bagian tersebut menggunakan bahan grouting. Bahan grouting adalah bahan-bahan yang terbuat dari semen dan resin atau epoxy.

Anda bisa melakukan proses penambalan dengan cara menambal langsung atau melakukan injeksi sesuai dengan keinginan.

2.     Mempertebal kolom

Selanjutnya Anda bisa melakukan renovasi rumah rapuh dengan cara mempertebal kolom (jacketing). Caranya dilakukan dengan memasang besi tulangan di bagian eksternal kolom. Setelah itu lakuan pengecoran ulang pada bagian kolom tersebut.

3.     Pengecoran ulang

Cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki rumah rapuh dan keropos adalah dengan membongkar ulang lalu melakukan pengecoran lagi. Dengan pengecoran ulang, struktur bangunan akan semakin kuat dan menghindari keropos lanjutan.

4.     Mempelajari strutur bangunan

Renovasi Interior Rumah Tinggal

Pahami dulu struktur bangunan pada rumah Anda sebelum melaukan renovasi. Anda bisa mempertimbangkan apakah struktur yang lama bisa menyatu dengan struktur baru. Jangan ragu untuk konsultasi dengan kontraktor profesional agar hasilnya lebih baik.

Nah, itulah penjelasan mengenai trik memperbaiki struktur rumah yang mulai rapuh dan keropos. Pada dasarnya kekuatan struktur pada rumah tidak bisa sesuai dengan rencana. Bahkan kegagalan struktur rumah juga tidak bisa dihindari walaupun akibatnya akan membahayakan penghuninya. Lakukan renovasi rumah dengan mendiskusikan secara rinci dengan kontraktor bangunan profesional. Konsultasikan terlebih dahulu keluhan dan kebutuhan Anda dengan pihak mereka. Pastikan untuk mengutamakan kualitas perbaikan rumah agar mampu bertahan dengan kokoh sehingga tidak berbahaya saat ditempati.

Kami juga melayani :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonTELFON SEKARANG 0821 1051 6864
Scroll to Top