Jasa Kontraktor Terpercaya

Tips Desain Rumah Minimalis di Lahan Terbatas

Desain Rumah Minimalis

Rumah sebagai tempat tinggal telah menjadi kebutuhan pokok untuk setiap orang. Ukuran luas tanah yang terbatas seharusnya tidak juga membatasi kenyamanan dan desain rumah yang diimpikan.

Anda harus membuat desain yang tepat untuk memaksimalkan keterbatasan lahan agar tidak terasa sesak, contohnya seperti desain minimalis. Desain minimalis menjadi salah satu solusi untuk membangun rumah di area terbatas.

Untuk mengetahui apa saja keunggulan desain minimalis dan bagaimana trik bangun rumah di lahan terbatas, temukan jawabannya di bawah ini.

Keunggulan Desain Rumah Minimalis

Desain minimalis memang diminati oleh banyak orang karena memiliki banyak keunggulan terutama jika ingin membangun rumah di lahan terbatas. Mengapa banyak orang memilih desain ini, berikut kelebihan desain minimalis, antara lain:

1. Lebih Hemat

Minimalis adalah salah satu konsep desain paling digemari karena bisa lebih menghemat anggaran pembangunan. Selain itu, biaya perawatan desain ini juga lebih rendah dan tidak ribet. 

2. Sederhana tapi Nyaman

Meskipun sederhana, desain rumah ini dapat memberikan kenyamanan yang maksimal pada seluruh penghuni rumah.

3. Desain Interior yang Menarik

Desain minimalis memiliki interior yang sederhana tapi stylish dan berkelas, cocok untuk Anda yang tidak suka hal yang rumit.

7 Trik Siasati Lahan Sempit untuk Desain Rumah Minimalis

Rumah Minimalis di Lahan Sempit

Berikut ini beberapa aspek yang bisa Anda perhatikan untuk menerapkan desain minimalis di lahan sempit, antara lain:

1. Tata Ruang yang Efisien

Hal pertama yang diperhatikan dalam mendesain sebuah rumah adalah menentukan ruang apa saja yang dibutuhkan. Jika lahan terbatas, sebaiknya memikirkan ruangan esensial terlebih dahulu, seperti kamar tidur, dapur, dan kamar mandi.

Ruangan yang dianggap kurang esensial sebaiknya dihindari untuk memaksimalkan lahan yang ada.

2. Gunakan Desain Ruang Terbuka

Desain ruang terbuka atau open space juga menjadi solusi terbaik untuk membuat ruangan lebih luas. Menyekat ruangan dengan tembok akan membuat rumah mungil terasa semakin penuh. 

Untuk memisahkan ruangan tidak perlu menggunakan dinding, cukup dengan furnitur atau perbedaan pola lantai sebagai pembatas. Contohnya memisahkan antara ruang makan dan living room dengan rak tv atau credenza.

Bisa juga membuat pola lantai berbeda antara dapur dan ruang makan sehingga secara tidak langsung menciptakan pembatas antara dua ruangan.

3. Aplikasikan Konsep Split Level atau Ruang Setengah Lantai

Selain open space, konsep split level juga menjadi solusi terbaik lain dalam menyiasati desain rumah di lahan terbatas.

4. Desain Langit Rumah Tinggi

Langit rumah yang didesain tinggi menciptakan kesan rumah yang luas dan lapang. Cara ini menjadi andalan untuk membuat area mungil menjadi lebih luas.

5. Bangun Rumah Dua Lantai atau Lebih

Jika mengalami keterbatasan lahan, maka solusi cerdas lainnya adalan membuat rumah 2 lantai atau sesuai kebutuhan dan budget

Anda bisa membagi program ruang secara efisien untuk masing-masing lantai. Misalkan lantai 1 digunakan untuk ruang tamu, dapur, dan ruang makan, maka lantai 2 bisa sebagai area privasi, seperti kamar tidur, ruang keluarga, dan lainnya.

6. Pasang Jendela Lebar

Jendela yang lebar dan tirai yang tinggi juga membantu menciptakan kesan ruang yang lebih luas dan tidak sesak.

7. Pilih Warna Terang

Kesan Luas Ruangan

Gunakan dominasi warna-warna terang untuk menciptakan ilusi ruangan yang luas. Anda harus menghindari warna gelap untuk finishing cat karena akan menciptakan kesan ruang terasa lebih sempit.

Warna-warna terang juga sifatnya fleksibel sehingga bisa dipadupadankan dengan furnitur atau dekorasi warna lain.

Setelah membaca ini, apakah menemukan inspirasi untuk desain rumah di lahan terbatas Anda?

Kami juga melayani :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonTELFON SEKARANG 0821 1051 6864
Scroll to Top